Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP: Panduan Lengkap untuk Menerima Bansos di Tahun 2024

udin
7 Min Read
Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP
Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP

Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP

Info terkini Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau yang sekarang dikenal dengan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka. Di tahun 2024, pemerintah telah mengumumkan akan melanjutkan program ini untuk membantu lebih banyak keluarga yang membutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara cek bantuan PKH lewat HP agar dapat memastikan apakah mereka terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.

Cara Daftar Bansos PKH di Tahun 2024

Sebelum memeriksa status penerima PKH, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan. Berikut adalah cara daftar bansos PKH di tahun 2024:

  1. Pastikan Sobat memenuhi syarat penerima bansos PKH 2024 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, antara lain:
    – Termasuk dalam kategori keluarga miskin atau rentan miskin
    – Memiliki anggota keluarga yang terdiri dari ibu hamil, anak usia 0-6 tahun, anak SD/sederajat, anak SMP/sederajat, atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar
    – Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial
  2. Jika Sobat memenuhi syarat tersebut, datanglah ke kantor kelurahan atau desa tempat tinggal Sobat untuk melakukan pendaftaran
  3. Bawa dokumen yang dibutuhkan, seperti Kartu TSobat Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan dokumen pendukung lainnya yang menunjukkan bahwa Sobat memenuhi syarat sebagai penerima PKH
  4. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar, lalu serahkan kepada petugas yang berwenang
  5. Setelah pendaftaran selesai, Sobat akan mendapatkan tSobat bukti pendaftaran yang dapat digunakan untuk mengecek status kepesertaan Sobat dalam program PKH

Kategori Penerima dan Besaran Bansos PKH di Tahun 2024

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kategori penerima bansos PKH 2024 terdiri dari keluarga miskin atau rentan miskin yang memiliki anggota keluarga dengan kriteria tertentu. Besaran bantuan yang diterima oleh setiap keluarga penerima PKH berbeda-beda tergantung pada kategori penerima dan jumlah anggota keluarga yang memenuhi syarat.

Berikut adalah rincian besaran bansos PKH 2024 untuk masing-masing kategori:

  1. Ibu hamil: Rp 3.000.000 per tahun
  2. Anak usia 0-6 tahun: Rp 2.400.000 per tahun
  3. Anak SD/sederajat: Rp 900.000 per tahun
  4. Anak SMP/sederajat: Rp 1.500.000 per tahun
  5. Anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar: Rp 2.000.000 per tahun

Besaran bantuan ini akan diberikan dalam bentuk uang elektronik yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, gula, minyak goreng, dan lain sebagainya di e-warong atau agen yang telah bekerjasama dengan pemerintah.

Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP Tanpa KTP di Aplikasi Cek Bansos

Setelah mendaftarkan diri sebagai calon penerima PKH, langkah selanjutnya adalah memeriksa status kepesertaan Sobat dalam program ini. Salah satu cara termudah untuk mengecek bantuan PKH adalah melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diakses melalui smartphone Android atau iOS.

Berikut adalah cara cek bantuan PKH lewat HP tanpa KTP di aplikasi Cek Bansos:

  1. Unduh dan instal aplikasi Cek Bansos dari Google Play Store atau Apple App Store
  2. Buka aplikasi dan pilih menu “Daftar Bansos
  3. Pilih jenis bantuan sosial yang ingin Sobat cek, dalam hal ini adalah “Program Keluarga Harapan (PKH)
  4. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar dalam DTKS atau nomor KK Sobat
  5. Klik tombol “Cek” untuk melihat hasil pencarian
  6. Jika NIK atau nomor KK Sobat terdaftar sebagai penerima PKH, maka akan muncul informasi mengenai nama penerima, alamat, dan besaran bantuan yang akan diterima

Dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos, Sobat dapat dengan mudah memeriksa status kepesertaan PKH tanpa harus pergi ke kantor kelurahan atau desa tempat tinggal Sobat.

Cara Cek Bantuan PKH Lewat HP di Website cekbansos.kemensos.go.id

Selain menggunakan aplikasi Cek Bansos, Sobat juga dapat memeriksa status kepesertaan PKH melalui website resmi Kementerian Sosial di alamat cekbansos.kemensos.go.id. Berikut adalah cara cek bantuan PKH lewat HP di website tersebut:

  1. Buka browser internet di smartphone Sobat dan akses website cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pada halaman utama, pilih menu “Cek Bansos”
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor KK Sobat yang terdaftar dalam DTKS
  4. Klik tombol “Cek” untuk memulai proses pencarian
  5. Jika NIK atau nomor KK Sobat terdaftar sebagai penerima PKH, maka akan muncul informasi mengenai nama penerima, alamat, dan besaran bantuan yang akan diterima

Dengan menggunakan website resmi Kementerian Sosial, Sobat dapat mengecek status kepesertaan PKH dengan lebih mudah dan cepat, kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet.

Waktu Pencairan Bansos PKH di Tahun 2024

Setelah mengetahui status kepesertaan dalam program PKH, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah waktu pencairan bansos PKH 2024. Berdasarkan informasi dari Kementerian Sosial, pencairan bantuan PKH di tahun 2024 akan dilakukan dalam empat tahap, yaitu:

  1. Tahap 1: Januari-Maret
  2. Tahap 2: April-Juni
  3. Tahap 3: Juli-September
  4. Tahap 4: Oktober-Desember

Pencairan bantuan akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan digunakan sesuai dengan kebutuhan keluarga penerima PKH.

Kesimpulan

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program bantuan sosial dari pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka. Di tahun 2024, pemerintah akan melanjutkan program ini dengan beberapa penyesuaian dalam syarat kepesertaan dan besaran bantuan yang diberikan.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon penerima PKH di tahun 2024, pastikan untuk memenuhi syarat yang telah ditetapkan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Setelah mendaftar, Sobat dapat memeriksa status kepesertaan dalam program ini melalui aplikasi Cek Bansos atau website resmi Kementerian Sosial di cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan mengikuti panduan cara cek bantuan PKH lewat HP yang telah dijelaskan di atas, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai program PKH dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *