Cara Cek Status Pencairan BPNT: Panduan Lengkap untuk Penerima Bantuan Pangan Non Tunai

udin
5 Min Read
Cara Cek Status Pencairan BPNT
Cara Cek Status Pencairan BPNT

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Program ini dilaksanakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dan disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) BPNT. Jika Anda termasuk dalam Daftar Penerima BPNT yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, berikut adalah panduan lengkap tentang cara cek status pencairan BPNT.

Cek Bansos Online: Cara Termudah untuk Mengetahui Status BPNT Anda

Salah satu cara termudah untuk mengecek status pencairan BPNT adalah melalui layanan Cek Bansos Online. Layanan ini dapat diakses melalui ponsel pintar (smartphone) Anda kapan saja dan di mana saja. Berikut langkah-langkah untuk melakukan Cek Bansos via HP:

  1. Buka browser internet di ponsel Anda.
  2. Kunjungi situs resmi Cek Bansos Online di alamat https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar dalam KKS BPNT Anda.
  4. Klik tombol “Cek” untuk melihat status pencairan BPNT Anda.

Jika NIK Anda terdaftar sebagai penerima BPNT, maka informasi mengenai status pencairan akan ditampilkan di layar ponsel Anda. Informasi tersebut meliputi jumlah bantuan yang akan diterima, tanggal pencairan, dan lokasi pengambilan bantuan.

Syarat dan Ketentuan Penerima BPNT

Untuk menjadi penerima BPNT, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemensos RI. Berikut adalah syarat-syarat untuk menjadi penerima BPNT:

  1. Termasuk dalam kategori keluarga miskin atau rentan miskin sesuai dengan hasil pendataan DTKS Kemensos.
  2. Memiliki KKS BPNT yang aktif dan terdaftar di Kemensos RI.
  3. Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Sosial Tunai (BST).

Jika Anda belum terdaftar sebagai penerima BPNT namun merasa layak untuk menerima bantuan, Anda dapat mendaftarkan diri melalui Dinas Sosial setempat atau melalui layanan Daftar BPNT Online.

Cara Daftar BPNT Online

Pendaftaran BPNT kini dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Kemensos RI. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar BPNT secara online:

  1. Kunjungi situs resmi Kemensos RI di alamat https://www.kemsos.go.id/.
  2. Klik menu “Layanan” dan pilih submenu “Daftar Bantuan Sosial”.
  3. Pilih jenis bantuan sosial yang ingin Anda daftarkan, dalam hal ini adalah BPNT.
  4. Isi formulir pendaftaran dengan data diri yang valid dan lengkap, termasuk NIK, alamat, dan kondisi ekonomi keluarga.
  5. Upload dokumen pendukung, seperti KTP, Kartu Keluarga, dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat.
  6. Klik tombol “Kirim” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Setelah pendaftaran online berhasil, tim verifikasi dari Dinas Sosial akan melakukan kunjungan langsung ke alamat Anda untuk memastikan kebenaran data yang diisi dalam formulir. Jika hasil verifikasi menunjukkan bahwa Anda layak menerima BPNT, maka KKS BPNT akan diterbitkan dan dikirimkan ke alamat Anda.

Nilai dan Jadwal Pencairan BPNT

Nilai bantuan yang diterima oleh setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT adalah sebesar Rp 200.000 per bulan. Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk bahan pangan, seperti beras, telur, dan minyak goreng, yang dapat diambil di e-warong atau agen penyalur yang telah ditentukan.

Pencairan BPNT dilakukan setiap bulan dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Kemensos RI. Jadwal pencairan dapat berbeda-beda di setiap daerah, tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat. Namun secara umum, pencairan BPNT dilakukan pada minggu pertama atau kedua setiap bulannya.

Permasalahan dan Pengaduan terkait BPNT

Jika Anda mengalami permasalahan terkait pencairan BPNT, seperti keterlambatan pencairan atau ketidaksesuaian jumlah bantuan yang diterima, Anda dapat melakukan pengaduan melalui beberapa saluran yang telah disediakan oleh Kemensos RI, di antaranya:

  1. Hotline Kemensos RI di nomor 1500299 (24 jam)
  2. SMS ke nomor 081212124124 dengan format: BPNTNIKNamaAlamatPengaduan
  3. Email ke alamat [email protected]
  4. Datang langsung ke Dinas Sosial atau Kantor Pos terdekat dengan membawa dokumen identitas diri dan KKS BPNT.

Semua pengaduan akan ditindaklanjuti oleh tim khusus dari Kemensos RI untuk memastikan bahwa hak-hak KPM BPNT terpenuhi dengan baik.

Kesimpulan

BPNT merupakan program bantuan pangan dari pemerintah yang bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu. Dengan mengikuti panduan cara cek status pencairan BPNT di atas, KPM dapat memantau secara mandiri status pencairan bantuan yang berhak mereka terima. Jika belum terdaftar sebagai penerima, masyarakat dapat mendaftarkan diri melalui layanan Daftar BPNT Online atau datang langsung ke Dinas Sosial setempat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penerima dan calon penerima BPNT di seluruh Indonesia.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *