Cara Untuk Memeriksa BI Checking

udin
4 Min Read

Pernahkah Anda mendengar istilah bi checking namun masih bingung tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan itu? Bi checking atau biasa disebut juga background investigation checking adalah proses pemeriksaan latar belakang yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk memastikan keabsahan informasi yang diberikan oleh calon karyawan atau pihak lain. Proses ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan rekam jejak calon karyawan atau pihak yang bersangkutan.

Untuk melakukan bi checking, pertama-tama perusahaan atau lembaga akan mengumpulkan informasi yang diperlukan dari calon karyawan atau pihak yang bersangkutan. Selanjutnya, tim HR atau pihak yang bertanggung jawab akan melakukan verifikasi informasi tersebut dengan menghubungi pihak-pihak terkait seperti perguruan tinggi, perusahaan tempat calon karyawan bekerja sebelumnya, serta referensi lainnya.

Cara Cek BI Checking Secara Online  : Foto Okezone Infografis
Cara Cek BI Checking Secara Online : Foto Okezone Infografis

Proses bi checking ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan oleh calon karyawan atau pihak lain adalah benar dan dapat dipercaya. Dengan melakukan bi checking, perusahaan atau lembaga dapat mengurangi risiko penipuan, mendapatkan karyawan yang berkualitas, serta memastikan keamanan dan kepercayaan dalam lingkungan kerja.

Bagaimana cara cek bi checking?

Untuk melakukan cek bi checking, pertama-tama Anda perlu mengumpulkan informasi yang diperlukan dari calon karyawan atau pihak yang bersangkutan. Selanjutnya, Anda dapat melakukan verifikasi informasi tersebut dengan menghubungi pihak-pihak terkait seperti perguruan tinggi, perusahaan tempat calon karyawan bekerja sebelumnya, serta referensi lainnya. Jika Anda kesulitan melakukan bi checking sendiri, Anda juga dapat menggunakan jasa pihak ketiga yang ahli dalam melakukan proses ini.

Dalam menjalankan proses bi checking, pastikan Anda menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait dengan sopan dan profesional. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan proses bi checking.

Dengan melakukan bi checking secara teliti dan cermat, Anda dapat memastikan keabsahan informasi yang diberikan oleh calon karyawan atau pihak lain, serta menjaga keamanan dan kepercayaan dalam lingkungan kerja. Jadi, jangan ragu untuk melakukan bi checking sebelum mempekerjakan seseorang atau bekerja sama dengan pihak lain untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

FAQ Unik Pasca-Penutupan:

1. Apakah bi checking hanya dilakukan untuk calon karyawan?
Bi checking tidak hanya dilakukan untuk calon karyawan, namun juga dapat dilakukan untuk pihak lain seperti mitra bisnis, kontraktor, atau pihak lain yang akan bekerja sama dengan perusahaan atau lembaga.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bi checking?
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bi checking dapat bervariasi tergantung kompleksitas informasi yang perlu diverifikasi dan kerjasama dari pihak terkait. Namun, dalam umumnya proses bi checking dapat selesai dalam waktu 1-2 minggu.

3. Apakah bi checking selalu berhasil dalam mengungkap informasi yang tidak benar?
Meskipun bi checking dapat membantu mengungkap informasi yang tidak benar, namun tidak menjamin bahwa proses ini selalu berhasil. Oleh karena itu, penting untuk melakukan proses bi checking dengan teliti dan cermat.

4. Apakah bi checking termasuk dalam proses perekrutan standar?
Bi checking dapat menjadi bagian dari proses perekrutan standar, terutama untuk perusahaan atau lembaga yang memiliki kebijakan ketat terkait verifikasi informasi calon karyawan. Namun, tidak semua perusahaan atau lembaga melakukan bi checking sebagai bagian dari proses perekrutan standar.

5. Apakah bi checking dapat dilakukan secara online?
Sebagian proses bi checking dapat dilakukan secara online, namun untuk verifikasi informasi yang lebih mendalam, seringkali diperlukan komunikasi langsung dengan pihak terkait melalui telepon atau kunjungan langsung.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *